Sosok Guru Terpuji Forum MGMP Batang Barat

Sabar, S.Pd

 

E

disi kali ini Redaksi menampilkan salah seorang  sosok guru pemandu yang sudah tidak asing bagi teman-teman guru.  Dia adalah  Sabar, S.Pd, MT. Pria yang bertinggi badan 170cm ini lahir di Deli, Sumatra Utara 12 Maret 1967, menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di Purworejo. Cita – citanya  menjadi guru muncul sejak dia lulus SMP.  Hal ini  terbukti setelah menamatkan  pendidikan SMP dia langsung melanjutkan  di SPG Negeri Purworejo.

Semangat untuk menuntut ilmu terus ia pacu dengan melanjutkan pendidikan di IKIP Semarang pada tahun 1986.  Kemudian pada tahun 1999 ia menyelesaikan pendidikan S1 pada perguruan  tinggi yang sama. Kemudian Pada tahun 2007 ia   mendapat kesempatan mengikuti studi S2 dengan program studi Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Konsentrasi  Perencanaan Pendidikan, di UNDIP Semarang. Pendidikan S2 ini   program beasiswa unggulan  yang di selenggarakan oleh Depdiknas.

Profesi sebagai guru  ia awali  semenjak tahun 1989 sebagai guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Wonotunggal. Sejak awal tugas  sebagai guru  ia telah menunjukkan sosok guru yang berdedikasi  tinggi. Di samping mengajar, dia juga aktif sebagai pengurus MGMP baik pada tingkat sub-Rayon maupun Rayon Batang.  Kemudian sebagai instruktur pelatihan Guru Bahasa Inggris pada tahun 2004.  Guru yang mantan kepala SMP Negeri 2 Bandar ini kini mengajar di SMP Negeri 3 Batang.

Soal pengalaman, guru yang hobinya membaca dan berkebun ini tak diragukan lagi. Setidaknya Negara Singapura dan Malaysia telah ia kunjungi pada tahun 2008 yang lalu. Dari pengalaman kunjungan ke kedua negara tersebut kita perlu mengejar berbagai ketinggalan terutama bidang sumber daya manusia.

Pak guru  yang beristrikan  Aini Atiqah yang berprofesi sebagai guru di SMP Negeri 7 Batang ini,  mengaku berbahagia dan bersyukur telah dikarunia dua orang anak. Ditanya soal falsafah hidupnya, dia mengaku bahwa dalam menjalankan tugas sebagai guru hendaknya bukan semata-mata sebagai pekerjaan namun harus dilakukan dengan penuh keikhlasan dan diniati dengan ibadah.

 

–mas_rozikin–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: