Notula Lesson Study

NOTULA REPRESENTASI KEGIATAN LESSON STUDY

( OPEN CLASS )

MGMP BERMUTU BAHASA INDONESIA POKJA II

KABUPATEN BATANG

Hari/Tanggal                : Senin, 16 November 2009

Waktu                          : 11.00 –  12.00 Wib

Tempat                                    : SMP Negeri 1 Wonotunggal

Peserta                         : 21 orang

 


Susunan Acara         :

1. Pembukaan

2. Penjelasan Umum

3. Kesan-kesan dari Guru Peserta

4. Tanggapan/Komentar Observer

5. Lain-lain

6. Penutup

 

A. Pembukaan

Kegiatan representasi dibuka dengan  membaca basmalah bersama

 

B. Penjelasan Umum oleh Guru Pemandu ( Eko Priyandono, S.Pd )

1.      Tujuan representasi adalah untuk memberikan imbal balik antara guru peserta  dan observer dalam rangka kegiatan pembelajaran di sekolah  masing-masing

2.      Tanggapan dan komentar bukan ditujukan untuk guru peserta, tetapi lebih ditekankan pada respon, partisipasi, dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung

3.      Kegiatan Lesson Study merupakan rangkaian proses dalam Penelitian Tindakan  Kelas. Hal ini agar ditindaklanjuti oleh guru-guru peserta MGMP bermutu   untuk juga dilaksanakan   sekolah masing- masing. Hasil kegiatan yang berupa  nilai siswa, angket, penilaian observer, dan instrumen-instrumen lain akan  menjadi sumber rujukan dalam pembuatan PTK (Classroom Action Researc )

 

C. Kesan-kesan dari Guru Peserta / Guru Model  (Wahyu Arinudin, S.Pd )

1.      Pada awal kegiatan ada perasaan sedikit grogi. Namun, segera dapat mengatasi  perasaan tersebut.

2.      Ada kesan bahwa para siswa nampak lelah, mungkin karena selesai mengikuti kegiatan Persami.

3.      Walau anak-anak kelihatan lelah, tetapi mereka tetap antusias dan menuruti arahan dan perintah guru.

4.      Kegiatan lesson study tadi sebaiknya dilengkapi dengan sound system, sehingga tidak terlalu menguras energi. Juga partisipasi siswa lebih   maksimal.

5.      Sebelum menjadi guru model, sudah berusaha maksimal untuk mempersiapkan diri termasuk konsultasi dan diskusi-diskusi kecil dengan guru pemandu.

 

D.  Tanggapan – tanggapan dan Komentar Observer

 

1. Dimyati, S.Pd ( SMP 1 Bandar )

a.       Guru model kurang menggali pertanyaan-pertanyaan yang mengacu ke   topik.

b.      Kegiatan inti bagus, keaktifan siswa bagus

c.       Pada kegiatan penutup, sudah memberikan penguatan dengan menyampaikan sistematika,bahasa, dan bentuk surat pribadi sedangkan  hal lain kurang diperhatikan. Akibatnya, tugas untuk membuat surat  pribadi kurang orisinil ( beberapa kelompok hanya mengganti alamat  surat dan tanggal dari contoh surat yang diberikan )

 

2. Rumanti, S.Pd ( SMP 2 Bandar )

a.       Persiapan yang dilakukan guru cukup baik, diantaranya mempersiapkan  kelas dengan LCD, media pembelajaran, perangkat, dan angket siswa.

b.      Skenario pembelajaran sudah baik yaitu dimulai dari pembukaan (perkenalan dan apersepsi), kegiatan inti, dan penutup.

c.       Pada kegiatan apersepsi, sebelum guru menjelaskan pengertian surat  pribadi, alangkah baiknya guru mengajukan pertanyaan yang   memotivasi siswa, misalnya: Pernahkah kalian menulis surat?

d.      Pada kegiatan inti sudah baik. Namun, lebih baik lagi perwakilan dari   kelompok yang mendapatkan tugas yang sama diberi kesempatan                    untuk   membacakan hasil diskusinya.

e.       Pada kegiatan penutup, terkesan tergesa-gesa sebab waktunya hanya  lima menit.

f.       Berkaitan dengan apersepsi yang tepat pada awal pembelajaran, tentu   akan berdampak pada tugas siswa yang lebih orisinil, tidakhanya  mengganti dari contoh yang diberikan.

g.       Secara keseluruhan, KBM sudah berjalan sesuai dengan rencana dan                     keaktifan siswa terkendali.

 

3. Nur Hayati, S.Pd ( SMP 2 Wonotunggal )

a.       Siswa sudah aktif dalam KBM.

b.      Keaktifan siswa lebih dari 80 %

c.       KBM sudah berjalan dengan baik

 

4. Mahfiyah, S.Pd ( SMP 1 Wonotunggal )

a.       Media kurang dimanfaatkan

b.      Model pembelajaran Jigsaw banyak nilai positifnya.

 

5. Mundoaf, S.Pd ( SMP 2 Blado )

a.       Guru sudah ada persiapan media

b.      Proses pembelajaran bagus

c.       Dalam apersepsi, tidak diungkapkan manfaat menulis surat pribadi dan tujuan pembelajaran.

 

6. Nisrina, S.Pd ( SMP 4 Bandar )

a.       Kegiatan awal sudah bagus

b.      Pada kegiatan inti belum disampaikan keterkaitan pembelajaran dengan  realita kehidupan.

c.       Siswa tak diberi kesempatan menyampaikan hasil diskusi.

7. Didik Kurniawan, S.Pd ( SMP 4 Bandar )

a.       Sebagian besar siswa memang sudah aktif, tetapi yang lain nampak hanya ikut-ikutan saja.

b.      Penampilan guru sudah bagus.

 

8.Suyaenah, S.Pd ( SMP 3 Batang )

a.       Pengertian surat kurang luas, sehingga siswa kurang memahami sepenuhnya.

 

D. Lain – lain

Indikator keberhasilan Lesson Study ada tiga :

1.      85 % siswa mencapai KKM yaitu 63 dengan bukti analisis data nilai.

2.      Tujuh dari sepuluh kelompok siswa aktif dengan kategori baik.

3.      Siswa merespons secara positif terhadap pembelajaran model jigsaw > 85 % dengan bukti angket.

 

 

E. Penutup

Kegiatan representasi Lesson Study diakhiri dengan membaca hamdallah bersama.

 

 

Wonotunggal, 16 November 2009

Pembuat Notulen,

 

Rumanti, S.Pd SMP Negeri 2 Bandar

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: