MGMP MATEMATIKA POKJA 2 KE POKJA 3

KABUPATEN BATANG

TAHUN 2010-2011

 


Latar Belakang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008, pasal 47 ayat 4 mengamanatkan bahwa pengembangan dan peningkatan kompetensi bagi guru yang  sudah memiliki sertifikasi pendidikan dilakukan dalam rangka menjaga agar Kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan atau olah raga. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kelompok kerja pendidikan dan tenaga kependidikan yang sudah ada sebagai media. Dalam program BERMUTU media ini diberdayakan fungsinya sehingga setelah melaksanakan program BERMUTU diharapkan MGMP menjadi kelompok kerja yang aktif dalam meningkatkan profesionalisme pendidikan dan tenaga kependidikan (PTK).

 

Program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan adalah program BERMUTU. Tujuan program BERMUTU untuk mendukung upaya peningkatan kualitas dan kinerja guru melalui peningkatan penguasaan materi pembelajaran dan keterampilan mengajar di kelas. Tujuan ini dapat tercapai salah satunya melalui peningkatan pengembangan profesional berkelanjutan bagi tenaga PTK dapat dilaksanakan melalui kegiatan belajar yang dilaksanakan di kelompok kerja. Kegiatan belajar di kelompok kerja dalam program BERMUTU ditandai dengan ketercapaian sejumlah indicator. Indikator keberhasilan program BERMUTU di tingkat kelompok kerja MGMP adalah :

1.      Pengembangan kurikulum dan silabus.

2.      Pengembangan RPP.

3.      Pelaksanaan kajian kritis.

4.      Pengembangan analisis butir soal dan bank soal.

5.      Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.

6.      Penulisan jurnal belajar.

7.      Pemantauan kualitas guru.

8.      Pemetaan kompetensi guru.

 

Upaya peningkatan pengembangan professional berkelanjutan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara tersebut adalah melalui kegiatan Study Visit ke obyek belajar dengan tujuan untuk mempelajari aspek yang dianggap lebih baik yang dimiliki oleh obyek belajar tersebut.

Study visit dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada peserta belajar di kelompok kerja mengenai pengalaman praktis terbaik orang lain yang melakukan kegiatan yang sama dan diimplementasikan hasil kegiatan tersebut di sekolah. Dengan study visit diharapkan peserta belajar di kelompok belajar dapat mengembangkan kinerjanya masing-masing sesuai tugas dan fungsinya di sekolah.

 

Studi visit merupakan suatu kegiatan kunjungan belajar dengan tujuan untuk mengambil aspek yang dianggap lebih baik dan berhasil yang dilakukan oleh kelompok kerja atau sekolah dalam mengelola kegiatan pembelajaran.

 

Untuk meningkatkan kinerjanya, Kelompok Kerja (Pokja) 2 MGMP BERMUTU  Matematika memandang perlu mengadakan study visit ke Kelompok Kerja (Pokja) 3 yang dipandang lebih baik dan berhasil dalam mengelola kegiatan MGMP BERMUTU dan sekaligus dalam mengelola kegiatan pembelajaran  di kelas.

 

 

 

Tujuan Kunjungan Belajar (Study Visit)

Kunjungan belajar (Study visit) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk:

1.      memperoleh gambaran pelaksanaan belajar di MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang;

2.      memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang membuat MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang berhasil  membelajarkan anggotanya dalam mengembangkan silabus dan RPP, mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, dan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia di sekolah anggotanya;

3.      memperoleh informasi fasilitas belajar yang tersedia di MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang;

4.      memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Tulis.

 

 

Sasaran

YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN (VISITASI) SASARAN KETERANGAN
Anggota MGMP Matematika Pokja II Kabupaten Batang MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang. Yang mendapatkan DBL dan memiliki keunggulan dalam kelengkapan sumber belajar, pemandu memiliki pengalaman praktis dalam membelajarkan teman sejawat
SMP Negeri 1 Tulis, Batang SMP yang memiliki keunggulan dalam pembelajaran yang inovatif dan berbasis multimedia.

 

 


Materi

1.      Hasil Pelaksanaan program BERMUTU di MGMP Matematika Pokja 3 Kab. Batang.

2.      Implementasi hasil kegiatan  MGMP Matematika Pokja 3 Kab. Batang di SMP N 1 Tulis.

Output

1.      Informasi tentang keberhasilan pembelajaran di MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang dalam membelajarkan anggotanya sehingga berhasil mengembangkan silabus dan RPP yang sesuai standar proses dan memuat pendidikan karakter, mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, dan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia di sekolah anggotanya.

2.      Informasi tentang proses pembelajaran di MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang.

3.      Informasi tentang sumber belajar yang digunakan MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang.

4.      Contoh perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran inovatif.

 

Waktu

Kegiatan kunjungan belajar (study visit) ke MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang dan SMP Negeri 1 Tulis dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 24 November 2010 pukul 08.00 s.d 11.00 WIB di SMP Negeri 1 Tulis

Biaya

Biaya kunjungan belajar (study visit) berasal dari anggaran yang dialokasikan dari DBL

 

Prosedur Kegiatan

1.      Menyusun Panduan Kunjungan Belajar.

2.      Pemberitahuan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang dan MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang serta SMP Negeri 1 Tulis.

3.      Pemberian Penjelasan kepada anggota MGMP Matematika Pokja II Kabupaten Batang mengenai kunjungan belajar (study visit) ke MGMP Matematika Pokja 3 Kabupaten Batang dan SMP Negeri 1 Tulis

4.      Pelaksanaan kunjungan belajar (sudy visit).

5.      Analiisis data hasil kunjungan.

6.      Penyusunan Laporan.

 

Pelaksanaan study visit.

Pelaksanaan study visit (kunjungan belajar) dari MGMP Matematika Pokja 2 ke Pokja 3 kebetulan bersamaan dengan kunjungan P4TK Yogyakarta ke MGMP Bermutu Kabupaten Batang. Sehingga jadwal kegiatan ini sedikit mengalami perubahan, karena harus berbagi waktu dengan kegiatan P4TK Yogyakarta.

Peserta kunjungan dari pokja 2 hadir pukul 07.30 untuk selanjutnya berkumpul bersama peserta MGMP Matematika Pokja 3 di ruang pertemuan. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh  Kepala SMP N 1 Tulis bapak Siswanto, M.Pd. Beliau  memberikan beberapa informasi tentang keadaan SMP N 1 Tulis diantaranya sejarah berdirinya SMP N 1 Tulis, Visi dan Misi Sekolah, kwalifikasi pendidikan guru, jumlah siswa dan prestasi yang pernah diraih oleh SMP N 1 Tulis. Sambutan kedua Ketua MGMP Pokja 3 bapak Rochani, M.Pd, beliau menyampaikan terima kasih kepada pokja 2 yang merpercayakan pokja 3 dan sekaligus SMP N 1 Tulis sebagai sasaran kunjungan Study Visit. Sambutan berikutnya bapak Drs. Marsudi Raharjo, M.Pd wakil dari P4TK Yogyakarta,beliau mengingatkan pelaksanaan Program Bermutu terutama di Kabupaten Batang. Sambutan berikutnya Wakil DCT Kabupaten Batang bapak Anung Setyawan, M.pd. Beliau menjelaskan tugas dan fungsi DCT, dan mengingatkan tagihan program kegiatan BERMUTU.

 

Kegiatan selanjutnya sesuai dengan rencana, peserta Pokja 2 dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I (10 anggota) mengamati jalannya MGMP BERMUTU Pokja 3 dan Kelompok II (9 peserta) melaksanakan kunjungan kelas (mengamati kegiatan pembelajaran) di SMP N 1 Tulis. Masing-masing kelompok didampingi guru Pemandu. Kelompok I didampingi bapak M.Masruh, S.Pd (Pokja 2) dan Dra. Eminingsih, M.Pd (Pokja 3), Kelompok II didampingi ibu Retno Asih, S.Pd (Pokja 2) dan Suyanto, M. Pd (Pokja 3).

 

Pada saat kunjungan kelas tugas kelompok I mengamati dan mencatat pelaksanaan pembelajaran yang  sedang berlangsung di SMP N 1 Tulis. Pada saat itu pengamatan dilaksanakan di kelas VIIIC jam ke 5-6 dengan jumlah siswa 40 orang. Bapak Suyanto, M.Pd sebagai guru model memberikan urutan pembelajaran dengan runtut menuliskan judul, menyampaikan KD, tujuan, apersepsi, motivasi, alat peraga multimedia, model pembelajaran, metode, lks, kuis, penguatan materi, pemberian PR. Siswa kelas VIIIC mengikuti pelajaran dengan tertib dan aktif berdiskusi dalam kelompoknya, sesuai arahan guru. Semua kejadian dicatat dengan rapi dan terperinci pada lembar instrumen yang telah disiapkan.

 

 

Kelompok II mengamati pelaksanaan kegiatan MGPM Matematika Pokja 3 di Ruang ICT dengan pemandu ibu Dra. Eminingsih, M.Pd. Materi ICT yang disampaikan pada pertemuan ini adalah Pengolahan Data menggunakan Microsoft Exel. Pada kegiatan ini terlihat peserta bermutu menggunakan fasilitas yang terdapat di Sanggar MGMP Pokja 3 berupa Komputer, LCD proyektor, serta ruangan yang berpendingin AC. Namun demikian terdapat kelemahan penggunaan sarana ini yaitu jika semua komputer dihidupkan daya listrik tidak mencukupi (tidak kuat). Kelemahan tersebut teratasi dengan sebagian peserta menggunakan Laptop masing-masing. Kegiatan MGMP berjalan cukup komunikatif, pemandu mengarahkan peserta untuk menyelesaikan materi dan tugas yang diberikan, peserta segera menanyakan hal-hal yang belum jelas dan segera menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Tugas diupayakan selesai pada tiap pertemuan, sehingga tidak menambah beban pada pertemuan berikutnya. Porto polio peserta disimpan dengan rapi pada tempat yang telah disiapkan oleh Pengurus Pokja.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: